Contoh Sederhana JavaScript menampilkan tanggal sekarang



Yosh nakama... kali ini saya mau mencoba salah satu komponen dalam pembuatan web.. yaitu JavaScript. oke.. sebelum kita membicarakan JAVA SCRIPT ada baiknya kita tahu dulu apa itu JavaScript? 

Javascript adalah bahasa scripting yang digunakan untuk membuat aplikasi web, sifatnya client-side sehingga dapat diolah langsung di browser tanpa harus terhubung keserver terlebih dahulu. Walaupun namanya menggunakan kata “Java”, Javascript tidak berhubungan dengan bahasa pemprograman java, meskipun keduanya memiliki kemiripan dalam hal syntax yang meniru bahasa C.


Kegunaan JavaScript
Kegunaan utama JavaScript adalah untuk menuliskan fungsi yang disisipkan kedalam HTML baik secara langsung disisipkan maupun diletakan ke file teks dan di link dari dokumen HTML.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan pemrograman JavaScript, diantaranya JavaScript adalah “case sensitive”, yang artinya JavaScript membedakan huruf besar dan huruf kecil, Jika Anda pernah belajar bahasa pemrograman seperti Turbo C atau C++, maka sama seperti bahasa pemrograman tersebut, dimana huruf T tidak sama dengan huruf t. Dalam bahasa pemrograman JavaScript juga, sebagai contoh fungsi perintah var tidak boleh ditulis Var dan juga tidak boleh ditulis VAR (huruf besar semua), yang benar adalah var (huruf kecil semua). Perintah lain adalah new Date tidak boleh ditulis new date (huruf kecil semua), dan banyak yang lainnya.

oke cukup sudah sedikit penjelasannya..
disini kita akan membuat sebuah contoh sederhana dalam penggunaan JavaScript bagi Web yaitu untuk menampilkan tanggal/waktu sekarang pada web browser..

yup langsung saja kita coba contoh sederhana dalam pembuatan JavaScript berikut dibawah contohnya :

Sintaks/Code
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<script>
function displayDate()
{
document.getElementById("demo").innerHTML=Date();
}
</script>
</head>
<body>

<h1>Belajar JavaScript</h1>
<p id="demo">Klik Tombol Tampilkan Tanggal dibawah untuk melihat tanggal sekarang.</p>

<button type="button" onclick="displayDate()">Tampilkan Tanggal</button>

</body>
</html> 
Penjelasannya : yang berwarna MERAH adalah script/code JavaScript yang diletakkan pada halaman web..

Nah untuk outputnya akan terlihat kurang lebih seperti dibawah...
ketika Tombol "Tampilkan Tanggal" ditekan maka akan terjadi perubahan seperti gambar di bawah ini yaitu akan menampilkan tanggal/waktu sekarang...
Yosh sekian dulu belajar JavaScript-nya... untuk contoh yang lainnya... bisa di search di GOOGLE... atau nunggu postingan selanjutnya... hehehe

Artikel Terkait
This entry was posted in . Bookmark the permalink.

One Response to Contoh Sederhana JavaScript menampilkan tanggal sekarang